MotoGP Spanyol: Ada Apa dengan Rossi?

Valentino Rossi tiba-tiba saja menghentikan motornya di seri MotoGP Spanyol dan gagal menyelesaikan balapan. Apa yang sebenarnya terjadi dengan The Doctor?

Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020) malam WIB, Rossi memulai race di urutan kesembilan. Di lap pertama, pebalap Monster Energy Yamaha itu sempat melorot ke posisi sepuluh.

Rossi belum bisa keluar dari persaingan papan tengah di lap-lap selanjutnya. Juara dunia sembilan kali itu bahkan bisa disalip Marc Marquez, yang sempat mengalami crash pada putaran kelima dan turun ke urutan ke-18.

Ketika race menyisakan tujuh putaran lagi, hal yang ganjil terjadi. Rossi, yang saat itu berada di posisi kesepuluh, tiba-tiba melipir ke tepi trek dan kemudian menghentikan motornya.

Alhasil, The Doctor harus mengakhiri balapannya lebih cepat. Rossi pun gagal meraih poin di balapan perdana musim 2020.

Direktur Manajer Yamaha, Lin Jarvis, menjelaskan alasan berhentinya Rossi dari balapan di Jerez. Menurutnya, pebalap 41 tahun itu mengalami masalah pada ban dan motornya.

“Valentino mendapatkan masalah di grip sejak awal. Ketika bannya mulai aus, segalanya semakin memburuk hingga makin sulit buat membalap,” kata Jarvis, dikutip dari GPOne.

“Motornya kemudian mengalami masalah, yang mana kami masih harus menyelidiki lagi penyebabnya dan dia pun mesti berhenti balapan,” ujar Jarvis.

Melansir laman MotoGP, Rossi merupakan satu di antara dua pebalap di Sirkuit Jerez yang memakai ban depan soft. Rider lain yang menggunakan ban serupa ialah rekan setimnya di Yamaha, Maverick Vinales.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *